Bumi Memiliki Benua Baru Yang Terletak Dibawah Laut, Apa Benar ?

- Pernahkah anda melihat wilayah menyerupai pada gambar di atas di dalam peta atau globe?, bila iya maka anda pasti tahu apa nama wilayah ini. Ya benar sekali ini ialah negara New Zealand (Selandia Baru), namun apa yang menarik sekaligus unik dari negara tersebut?

New Zealand memang sebuah negara kecil yang berada di sebelah tenggara benua Australia yang hanya terdiri dari beberapa pulau saja, namun yang perlu kau ketahui ialah bahwasanya negara ini bangkit di atas daratan besar yang menjulang dari bawah laut sehingga terlihat menyerupai fondasi dari daratan negara tersebut.

Baca Juga : Negara Apa Saja Yang Di Cap Paling Jahat Di Dunia, Mau Tahu ?


zealandia benua gres yang terletak di bawah laut 


Menurut ilmuan yang telah lama meneliti adegan daratan yang tersembunyi ini mengatakan luas wilayah tersebut mencapai 4.6 kilometer persegi yang meliputi beberapa teritori, kaledonia dan kepulauan sehingga wilayah benua tersebut di beri nama Zealandia


zealandia benua gres yang terletak di bawah laut

Bruce Luyendyk spesialis geofisika bahwasanya telah mempunyai sebuah wangsit dengan menunjukkan nama untuk benua gres tersebut dengan istilah _Zealandia_ namun yang menarik ialah apakah daratan tersebut layak untuk memenuhi syarat untuk menjadi benua gres di bumi atau tidak ?

Berdasarkan penelitian yang telah lama dilakukan Zealandia dikala ini gres memenuhi tiga syarat untuk menjadi benua yaitu mempunyai kerak dengan densitas yang lebih rendah dibandingkan lautan disekitarnya, letak daratan yang relatif tinggi dengan permukaaan laut dan memiliki keragaman bebatuan.

Kabar dari penelitian terbaru menyatakan bahwa setelah dilakukan proses pemetaan melalui satelit dan gravitasi alhasil dapat melengkapi pernyataan sebelumnya, Nick Mortimer seorang geolog selandia gres menunjukkan sebuah pendapat bahwa wilayah zealandia memiliki luas yang cukup untuk dijadikan sebuah benua gres di bumi.

Zealandia diduga terpisah dari benua raksasa kuno, Gondwana, 200 juta tahun lalu.

Awalnya, seluruh adegan wilayah zealandia berada di atas permukaan laut. Namun, 85-80 juta tahun lalu, sejumlah adegan benua itu mulai karam dan alhasil kini hanya 6 persen yang berada di permukaan laut.

inilah yang hingga dikala ini yang membuat zealandia tidak diresmikan menjadi sebuah benua sebab masih banyak kontroversi diantara geolog.

Namun Nick Mortimer telah mengajukan sebuah makalah yang telah dipublikasikan di GSA Today yang berisi perihal pengajuan pertama mengenai Zealandia sebagai benua terbaru dibumi.

Dirinya berharap biar segera menerima jawaban dari pihak yang terkait dan ia ingin biar wilayah zealandia menjadi sebuah benua gres yang sebelumnya telah hilang karam di dasar samudera hindia.

Baca Juga : Fakta Menarik Raja Salman Dari Hafal Qur'an Hingga Tinggalkan Obama Demi Shalat

Bagaimana menurut anda ? apakah zealandia cocok dijadikan sebuah benua gres di bumi ataukah tidak. Untuk menuntaskan rasa penasaran anda dapat mencari isu terkait dari sumber terpercaya biar dapat menjawab apakah benar zealandia ialah sebuah benua yang hilang di samudera hindia tentu anda pasti tahu jawabannya.

Previous
Next Post »