10 Tips Mencegah Diabetes Dengan Mengontrol Gula Darah

 - Diabetes ialah suatu penyakit yang disebabkan oleh tingginya gula darah di dalam tubuh. Pola makan yang tidak sehat ibarat banyak mengosumsi makanan berkolesterol, kalori berlebih di dalam tubuh, malas berolahraga, dan tentunya banyak memakan makanan yang manis - manis sangat beresiko tinggi seseorang mengidap penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan ini.



Sebelum anda berupaya untuk melaksanakan pencegahan, anda harus tahu dulu penyebab seseorang terkena diabetes, bagaimana efek yang ditimbulkan, dan harus tahu betapa bahayanya penyakit ini, karena hingga dengan ketika ini Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan dan belum ditemukan obat yang secara pasti dapat menyembuhkan penyakit ini.

Pada tubuh yang normal kalau ada makanan yang kita konsumsi mengandung gula yang berlebih dan tidak mampu lagi diserap oleh tubuh, adanya organ hati yang berfungsi untuk mengolah semua materi sumber tersebut menjadi energi yang mampu digunakan insan dalam beraktifitas sehari - hari. Semua itu karena peranan Insulin yang mengubah glukosa menjadi energi dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Seiring dengan gaya hidup yang tidak sehat ibarat banyak makan makanan cepat saji yang juga sangat berbahaya bagi tubuh. Karena makanan cepat saji sangat sulit dicerna oleh tubuh, sedikit mengandung nutrisi, dan yang paling mengkhawatirkan yaitu banyaknya lemak jahat dan kalori berlebih yang dapat memicu banyak sekali macam penyakit ibarat diabetes, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

Jika hati tidak sanggup lagi memproduksi Insulin sebagai cairan pengubah gula menjadi energi maka zat gula akan beredar didalam darah dan dapat menganggu kinerja darah ibarat sulitnya darah untuk mengentalkan diri ibarat teladan orang yang menderita diabetes sangat berhati - hati dalam menjaga tubuhnya semoga tidak terkena luka ibarat ukiran dan lecet sedikit pun, karena kalau terjadi mampu saja luka tersebut tak kunjung sembuh dan malah menjadi jerawat yang berujung kepada pemotongan episode tubuh yang telah terinfeksi.

Jika anda belum terkena penyakit yang tergolong mematikan ini, ada baiknya anda harus melaksanakan pencegahan, dan kalau ada dari anda yang telah terjangkit penyakit ini, anda harus rajin mengontrol gula darah agar tidak berefek serius dan rumah sakit akan menunggu anda.

Berikut saya akan berikan tips untuk mencegah diabetes semoga anda dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat walaupun telah terjangkit diabetes.


1. Tertawa

Mungkin banyak dari anda tidak percaya dengan fakta pertama yang saya ejekan untuk mencegah seseorang diabetes yaitu tertawa. Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang bahwa tertawa merupakan orang termurah untuk menjaga gula darah agar tetap sehat. Karena tertawa seakan menjadi pengganti Insulin dalam tubuh yang dapat membuat gula darah tetap terkendali. Tertawa mampu menghilangkan penyebab diabetes lainnya ibarat Stress yang merupakan penyebab munculnya banyak sekali macam penyakit lainnya.


2. Banyak makan makanan yang mengandung susu

Susu yang rendah gula juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabates, karena susu laktosa, protein, dan lemak baik dapat memperlembat konversi dari gula makanan ke gula darah.


3. Selalu penuhi kebutuhan Magnesium

Walaupun zat magnesium tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh sehat dan normal pada umumnya, namun untuk tubuh yang terkena diabetes magnesium memiliki peranan penting dalam mengurangi resiko terkena diabetes. Bagi anda yang sedang melaksanakan pencegahan, Magnesium dapat berperan aktif dalam mengontrol gula darah tetap stabil juga bagi orang yang telah terkena diabetes. Zat ini dapat anda temukan pada buah ibarat Alpukat, ikan, biji - bijian ibarat kacang, dan sayur - sayurang hijau lainnya yang baik untuk tubuh.


4. Kayu Manis

Diambil dari sebuah penelitian yang dilakukan di Pakistan, mengosumsi kayu manis bagi orang yang telah terjangkit diabetes tipe 2 dapat menurunkan kadar gula dalam darah sekitar 16 - 29 persen. Namun itu masih bergantung dengan jumlah kayu manis yang dikonsumsi.

Untuk anda yang masih terhindar dari penyakit ini, sering - seringlah konsumsi makanan yang mengandung kayu manis, ini akan berdampak baik untuk anda dalam melaksanakan pencegahan.


5. Istirahat yang cukup

Pada dasarnya istirahat memang sangat dibutuhkan tubuh setelah semua organ tubuh lelah dalam beraktifitas dalam meningkatkan metabolisme. Istirahat yang dianjurkan yaitu 6 s/d 8 jam sehari membantu meningkatkan kebugaran bagi tubuh yang sehat dan normal.

Namun bagi tubuh yang sedang diserang diabetes, Istirahat sangat dibutuhkan karena tubuh butuh waktu dalam memproduksi Insulin yang digunakan sebagai pengontrol gula dalam darah. Jika tidur anda tidak cukup bagi anda yang menderita diabetes, maka bersiaplah anda akan mencicipi lemas yang luar biasa karena gula darah akan meningkat drastis.

BACA JUGA

6. Hindari Lemak jenuh

Hasil survey yang dilakukan oleh sebuah perusahaan di Amerika pada 3000 penderita diabetes bahwa pada setiap orang yang terdiagnosa diabetes memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi di dalam tubuh. Bisa saja lemak jenuh ini memicu penyakit lainnya yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita.


7. Sering berjalan kaki

Hasil dari penelitian di amerika mengatakan bahwa berjalan 2 kilometer sehari dapat mengurangi resiko kematian akhir diabetes. Namun untuk anda yang menjalani pencegahan olahraga rutin ibarat jogging kalem dipagi sudah mampu menawarkan efek bagi tubuh dalam melawan penyakit gula tersebut.


8. Makan Buah Grapefruit

Mungkin banyak orang masih belum mengenai buah ini begitu juga dengan saya sendiri, buah ini termasuk golongan Jeruk. Banyak yang mengatakan bahwa Grapefruit ibarat dengan jeruk bali dengan isi buah nya yang berwarna merah dan diselimuti kulit berwarna orange.

Sebuah penetian dari amerika terhadap 50 persen pasien yang mengalami obesitas diminta untuk memakan buah ini dalam 12 ahad dan membandingkan dengan orang yang tidak memakannya. Pasien yang memakan biah Grapefruit mengalami perubahan yang signifikan yaitu penurunan berat tubuh sebanyak 1.6 Kg karena buah ini sangat baik untuk membunuh lemak jahat. Mereka juga memiliki tingkat Insulin yang baik setelah makan, glukosa yang lebih rendah serta metabolisme tubuh yang lebih efissien.


9. Legume

Merupakan tumbuhan biji - bijian sejenis kacang - kacangan yang sangat baik untuk tubuh yang terkena diabetes dan juga bagi orang yang melaksanakan pencegahan. Memakan kacang - kacangan 75 gram sehari dapat membuat kadar Insulin meningkat serta menstabilkan gula dalam darah.


10. Membuat otot tubuh selalu rileks

Sebuah penelitian yang menegaskan bahwa penegangan otot tubuh 10 menit setiap hari kemudian merilekskannya dapat menurunkan kadar gula dalam darah apalagi untuk orang yang memiliki kadar darah yang tinggi di dalam tubuh.



Kesimpulan

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang sulit bahkan mampu dikatakan sulit untuk menyembuhkannya. Banyak dari penderita penyakit ini berujung dengan kematian. Obat yang pasti untuk menyembuhkannya masih belum ditemukan. Penyebab penyakit ini yaitu sebagian besarnya dari pola makan yang tidak sehat, ibarat makanan cepat saji, makanan yang mengandung pengawet, banyak mengosumsi minuman bersoda yang mengandung glukosa tinggi dan sebagainya. Stress juga menawarkan dampak besar dalam terjangkitnya penyakit ini.

Namun bagi anda yang telah penyakit ini, peluang untuk sembuh masih ada, dengan menjaga kadar gula dalam darah, sering berolahraga, menjaga pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup akan menawarkan dampak konkret dalam menjaga glukosa dalam tubuh.


Demikianlah artikel ini saya paparkan, semoga mampu bermamfaat untuk anda yang ingin mencegah penyakit diabetes dengan mengontrol gula darah dalam tubuh. Terimakasih !

Previous
Next Post »