Hati - Hati Jangan Bagikan Informasi Ini Di Facebook

- Facebook merupakan media sosial yang sangat diminati oleh pengguna kalangan dunia maya. Situs ini merupakan yang kedua terbanyak setelah Google yang menepati urutan pertama dalam situs yang paling banyak dikunjungi. Semua orang dapat membagikan foto, status, atau file lainnya dan berkenalan dengan banyak orang dengan menggunakan media umum yang diciptakah oleh Mark Zuckerberg ini.

Jangan Bagikan Informasi ini Di Facebook

Banyak orang yang menggunakan facebook secara tidak pribadi ingin membagikan apa saja mengenai info pribadinya, apa yang dilakukan sehari, bahkan mencurahkan segala isinya di media umum yang berlogo warna biru tersebut.

Situs media umum ini banyak dimamfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menggelabui pengguna lainnya menyerupai awalnya berkenalan kemudian menjalani relasi bersahabat sampai pada karenanya menjurus ke pemerkosaan , pembunuhan sampai hal kejadian yang tak di  inginkan lainnya.

Informasi di facebook yang dibagikan pengguna menyerupai foto keseharian dengan orang terdekat, status pribadi, kawasan tinggal, Email, sampai nomor telepon, dengan tujuan hanya untuk dapat diakses dan di lihat oleh orang yang dikenal dan orang yang kuat dalam hidupnya, sampai tak pernah menduga info yang ia bagikan ini dapat juga di saluran oleh orang yang tidak dikenal dan juga orang yang mempunyai niat buruk terhadapnya.

Karena itulah anda harus berhati - hati dalam membagikan info yang dapat di saluran semua orang, dan sebaiknya anda jangan membagikan beberapa hal ini di facebook bila tidak ingin terjadi hal yang menyerupai saya bahas di atas. Berikut ulasannya :


Baca Juga

 Nomor Telepon / Ponsel

Jika anda ingin mempublikasi data tersebut secara umum di facebook, berarti anda siap bila telepon genggam anda berdering alasannya panggilan dari orang yang tak dikenal. Melakukan cara ini sama juga dengan menunjukkan nomor ponsel untuk semua orang di facebook untuk semua pengguna termasuk orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini dapat memunculkan kejahatan atau kriminal terhadap korban oleh orang yang tidak bertanggung jawab dari sekian banyaknya pengguna di facebook. Karena dengan nomor telepon seseorang menyerupai peretas (hacker) dapat melacak eksistensi pengguna.

Reza Moaiandin yaitu seseorang yang meneliti bidang keamanan mengungkapkan, ia tidak butuh nomor lengkap untuk melacak laman facebook seseorang, hanya dengan mengetahui beberapa selesai dari nomor telepon ia mencari laman facebook yang ia inginkan.

Alamat Rumah

Membagikan alamat rumah di facebook dapat juga berpotensi menjadikan kejadian yang tidak di inginkan. Contohnya pada dikala anda membagikan status berupa foto atau konten lainnya, anda mungkin hanya berniat untuk membagikan acara anda pada pengguna facebook lainnya. Namun, penguntit juga tahu apa yang anda lakukan mengenai acara sehari - hari dan juga dapat mengakses alamat anda sehingga dengan mudah orang - orang menyerupai ini dapat tahu lokasi anda sebenarnya.

Pekerjaan

Anda juga harus berhati - hati dalam menunjukkan saluran ke semua orang untuk melihat data mengenai pekerjaan anda. Hal ini dapat memungkin orang yang tidak suka terhadap anda mampu berbuat kejahatan menyerupai meretas atau membuat kerusakan pada sistem kantor dimana anda bekerja.

Data mengenai pekerjaan yang dipublikasikan mengenai pekerjaan yang ingin diretas orang yang tidak bertanggung jawab dapat menjadikan resiko terkena dampak dari pencurian data atau peretasan. Ada baiknya bila anda membagikan info ini untuk orang yang bersahabat dengan anda dan lebih baik lagi bila anda tidak mempublikasikan hal ini ke siapapun

Status Hubungan

Meningkatnya kebiasaan orang membagikan status relasi pribadinya membuat perkembangan sosial media kian masif. Anda seharusnya berpikir dulu sebelum menunjukkan saluran untuk semua orang di facebook untuk info ini.

Karena bila tidak diubah, hal itu mampu di mamfaatkan oleh situs - situs ilegal yang bertopik kencan dalam menunjukkan koneksi dunia maya yang romantis.

Maksudnya adanya penipuan berupa iklan atau seseorang yang mengajak anda berkencan namun pada karenanya di rayu dengan sangat lembut oleh para pelaku untuk mengeluarkan duit biar dapat memenuhi impian korban untuk menjalin relasi dekat, setelah menerima uang mereka akan menghilang dan tidak meninggalkan jejak sedikitpun. Dan pada dikala itulah korban gres tahu kalau dirinya telah terkena dampak penipuan.

Untuk itulah anda disarankan untuk segera menghapus info ini di facebook untuk mencegah terjadi kejadian yang dimamfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Informasi Keuangan

Facebook merupakan satu dari sekian banyak situs sosial media yang menunjukkan saluran gratis untuk penggunanya, terkadang situs ini juga meminta info mengenai info keunagan untuk syarat membuat profil anda menjadi lengkap. Saran saya anda jangan mengisikan info tersebut.

Itu alasannya kecanggihan teknologi yang dapat memungkinkan peretas atau hacker dapat mencuri info keunagan contohnya data kartu credit yang dapat dimamfaatkan untuk membobol uang yang di dalamnya.

Demikian artikel ini saya paparkan untuk mencegah anda dimamfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kejahatan dapat terjadi dimana saja, termasuk di dunia maya. Untuk itu anda perlu tahu untuk tidak membagikan info ini di facebook jika tidak ingin menjadi korban penipuan atau kejahatan yang sangat berbahaya lainnya.
Previous
Next Post »