Cara Melindungi dan Menjaga Komputer Dari Serangan Virus

Virus Komputer ialah sebuah agenda yang dirancang untuk merusak atau meretas isi data didalam sebuah komputer, agenda ini mampu juga menggangu kinerja komputer, dan yang paling membahayakan lagi, selain mampu untuk menghilangkan data - data penting yang ada di komputer atau laptop kita, virus ini juga mampu untuk merusak hardware dan komponen - komponen perangkat penting  di dalam sebuah komputer lainnya.


Virus ini dapat menyebar melalui perangkat yang digunakan untuk mengirim data dari komputer satu ke komputer lainnya menyerupai Flashdisk, Harddisk, Memory Card dan perangkat lainnya. Namun sekarang ini, internet sangat kuat dalam penyebaran virus yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menjangkiti suatu perangkat komputer. Proses penyebaran virus melalui internet ini ialah dengan meletakkannya pada suatu situs yang sedang kita kunjungi pada ketika kita sedang online atau browsing dengan menggunakan web browser. Tanpa kita sadari pada ketika kita melihat iklan pada situs tersebut produk software dan salah mengkliknya, padahal niat kita ingin mengclose iklan tersebut namun yang terjadi malah membukanya. Dan itu akan mengakibatkan suatu agenda akan terinstal sendiri tanpa terdeteksi melalui web browser anda dan melaksanakan proses tanpa diketahui oleh kita sebagai pengguna. Setelah itu ia memperbanyak diri dan menyebar di file - file yang ada didalam komputer kita dan menghentikan agenda penting yang ada di dalam komputer kita menyerupai windows explorer dan lain - lain sehingga membuat komputer anda menjadi lambat prosesnya dan mampu jadi hang atau terhenti proses komputernya.

Bagaimana cara kita melindungi dan menjaga komputer dari serangan virus ?

Dalam pergerakannya virus sering tidak terlihat oleh penggunanya alasannya yakni ia mampu juga menghide dirinya dalam sebuah file dan mampu jadi tidak terlihat dan terdeteksi dimanapun, dan hanya mampu dilihat pada windows task manager proses file yang berjalan. Sangat sulit dalam menghilangkannya bila virus komputer telah masuk kedalam perangkat komputer yang mampu menghentikan proses - proses software lainnya. Untuk iulah hal pertama yang harus kita lakukan untuk menjaga komputer dari serangan virus ialah dengan menginstal software pendeteksi virus atau mampu juga disebut antivirus. Lebih lengkapnya mampu kita lihat langkah - langkahnya sebagai berikut :

Langkah - Langkah Melindungi dan Menjaga Komputer dari Serangan Virus

1. Menginstal Antivirus

Jika anda telah membeli sebuah komputer atau laptop baru, maka di dalamnya belum ada sofware anti virus, untuk itulah saya menyarankan anda untuk segera menginstal sebuah anti virus yang asli alias bukan bajakan. Saya merekomendasikan smadav sebagai anti virus yang cocok buat anda alasannya yakni situs ini ialah situs dari negara kita indonesia. Selain itu smadav mampu mendeteksi banyak sekali macam virus terbaru menyerupai trojan, worm, dan lain - lain. Jika anda ingin memasang software ini pada komputer anda mampu eksklusif mendownloadnya disini - Download Smadav yang resmi dan berstatus pro. Karena bila anda telah menerima software yang Pro (yang dijual), anda lebih terlindungi dari virus dengan pendeteksian dari bermacam - macam virus yang ada pada ketika ini. Jangan lupa untuk tetap mengupdate ke versi terbaru untuk lebih melindungi dan menjaga komputer dari virus terbaru.

2. Selalu Mengupdate Web Browser (Mozilla, Google Chrome) ke Versi Terbaru

Langkah ini memang sangat diharapkan untuk menghindari penyebaran virus ke komputer kita, alasannya yakni kita tidak tahu pada ketika melaksanakan browsing menggunakan internet, ada banyak situs yang menerapkan agenda penginstal tanpa kita sadari mereka menginstal sesuatu pada komputer kita, mampu jadi di dalamnya virus untuk mencuri data isu penting pada komputer kita. Jika kita selalu mengupgrade web browser pada komputer kita, maka kita mampu lebih aman dalam berselancar di internet. Karena web browser pada dasarnya juga mampu mendeteksi situs yang mengandung malware atau program berbahaya yang telah disisipkan ke dalam situs untuk mengelabui pengunjungnya. Untuk cara mengupdate browser mampu anda dilihat pada langkah mengupdate browser Google Chrome
dan untuk yang menggunakan browser Mozilla mampu anda lihat di Langkah mengupdate Mozilla Firefox.

3. Mengetahui Jenis - Jenis Virus Terbaru

Langkah ini juga anda butuhkan dalam menjaga komputer dari virus, alasannya yakni setiap hari orang yang tidak bertanggung jawab selalu membuat virus - virus terbaru hanya untuk kepentingan pribadi. Anda mampu menerima isu terbaru dengan membaca di blog atau website yang mempunyai isu ihwal virus terbaru disini

4. Melakukan Penyaringan Lampiran Spam di Email

Semua orang yang suka menggunakan internet pasti mempunyai akun email, alasannya yakni email memiliki kegunaan untuk membuat akun yang kita perlukan menyerupai media sosial, untuk sarana menerima pesan dari orang yang kita kenal dan lain - lain. Namun, tahukah anda virus dapat juga bergerak masuk ke komputer kita melalui akun email ini. Karena banyak pesan yang mempunyai unsur spam dalam inbox Email yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan dari sebuah situs. Ini akan sangat berbahaya bila kita tidak memperdulikannya, alasannya yakni mampu jadi pada ketika kita membuka pesan dan lampiran dari email tersebut memiliki virus yang otomatis terupload ke komputer kita.


Memang banyak cara yang mampu kita lakukan dalam melindungi dan menjaga komputer dari serangan virus yang dapat merusak komputer. Namun bila anda telah melaksanakan tahapan yang saya berikan pada artikel diatas, berarti anda sudah mampu membuat komputer atau laptop anda aman dari serangan virus. Demikian pembahasan artikel dari saya yang singkat, namun bila anda memamfaatkannya dengan baik mampu menjadi acuan anda dalam menghilangkan virus dari komputer, Terimakasih

Previous
Next Post »