Internet Lambat dan Lemot ? Beginilah Cara Mempercepatnya

Cara Mempercepat Internet yang Lambat dan Lemot -
Cara mempercepat koneksi internet yang lambat dan lemot

- Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada anda mengenai mempercepat koneksi internet yang lambat dan lemot. Pembahasan kali ini ialah cara termudah dan singkat menurut tips yang sudah saya dapatkan dan akan membagikannya hanya untuk anda dengan free alias gratis.

Saya rasa tips ini sangat dibutuhkan bagi anda yang sangat dirugikan dengan melambatnya koneksi internet disaat zaman kala digital yang tidak terpisahkan dengan internet sebagai sahabat terdekatnya. Apalagi bagi sahabat - sahabat yang sedang melaksanakan pekerjaan yang memerlukan koneksi internet, ibarat mengirim email yang berisi file - file penting, menggunakan jasa online dalam memudahkan pekerjaan, mencari dan browsing materi - materi untuk keperluan kerja, dan mungkin anda sedang menghubungi orang terdekat anda untuk berkomukasi melalui internet.

Namun, jikalau internet lambat dan lemot apa yang akan terjadi ? semua pekerjaan penting anda tidak akan terlaksana, disaat anda sedang melaksanakan pengiriman berkas kerja, mengupload file - file penting ke Internet tiba - tiba koneksi internet anda melambat dan mampu saja terhenti, bagaimana perasaan anda ? Perasaan geram dan jengkel tidak dapat terhindarkan lagi. 

Bagaimanapun kita hanya hidup di negara yang serba plin plan, kita selalu tertinggal jauh dalam aneka macam hal, termasuk juga dalam kecepatan koneksi internet yang hanya 1 MB/ Sec kurang lebih. Dibandingkan dengan negara Korea yang kecepatan Internetnya sampat Puluhan Megabyte dan merata dengan kualitas LTE / 4G dan sekarang merasa akan segara beralih ke 5G dan semakin maju.

Indonesia yang memiliki penduduk ratusan juta jiwa dengan dengan luas wilayah yang termasuk ke dalam 10 negara dengan wilayah terbesar di Dunia ini hanya memiliki koneksi yang lumayan lemah dan parahnya lagi tidak merata ke seluruh wilayah. Hal Inilah yang selalu membuat kita mengernyitkan dahi ketika bermain dan berselancar di Internet.

Langkah Mempercepat Internet Lambat dan Lemot

Langkah Mempercepat Internet yang Lambat dan Lemot Daripada anda karam dalam rasa kesal dan baper, ada baik nya anda baca dulu tips mempercepat internet yang lambat dari saya berikut ini.

  

1. Menutup Program yang terlalu banyak menghisap Bandwitch

membiarkan aktivitas yang banyak menghabiskan bandwidth juga merupakan salah satu duduk perkara yang membuat internet anda menjadi lambat
 
Bandwitch ialah aktifitas data yang keluar masuk pada ketika memulai koneksi dengan internet, semua data yang terupload dan terdownload pada ketika melaksanakan browsing itulah yang dinamakan bandwitch. Hal yang harus anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet ialah dengan menutup aplikasi yang banyak memakan bandwitch dalam penggunaannya, ibarat Skype, AIM, MSN, Aplikasi Streaming, Menonton Youtube dan lain - lain. Jika tidak dibutuhkan segara matikan video - video online yang tidak di tonton.

2. Hindari Membuka Banyak Tab atau Laman Baru

Banyak membuka tab atau halaman gres juga berakibat melemahnya koneksi internet, komputer, dan Web browser itu sendiri

Kebiasaan kita dalam browsing internet ialah membuka banyak halaman baru. Keinginan kita untuk membaca Informasi dari beberapa situs web, bermain facebook sambil menonton youtube, dan lama - lama keseringan anda membuka Tab gres akan berakibat melemahnya koneksi internet pada perangkat anda dan jikalau lebih parahnya lagi web browser akan mengalami Not Responding. Solusinya ialah bukalah halaman atau tab gres 1 sampat dengan 5 Tab, Jika ada yang sudah dilihat ataupun dibaca biasakanlah untuk menutupnya sebelum membuka halaman yang baru.

3. Matikan Outlook dan Thunderbird

Microsoft Outlock dan Thunderbird ialah salah satu aplikasi yang memakan banyak bandwidth

Sebagian dari perangkat komputer maupun laptop memiliki aplikasi bawaan ibarat Outlook dan Thunderbird, langkah selanjutnya yang berkhasiat bagi anda dalam jikalau internet semakin lemah dan lambat ialah menutup dan menghentikan operasinya yang bekerja di balik layar desktop ataupun hanya mampu dilihat melalui Task Manager.

4. Menata Ulang Registry Komputer Ataupun Laptop

Registry ialah bab database yang menyimpan peraturan dari PC anda, tetapi jikalau anda tidak menyusunnya dengan teratur dan rapi, mampu jadi itulah yang membuat internet anda lambat ketika melaksanakan connect. Untuk anda yang sering mengakses internet melalui PC maupun Laptop, perlu pengetahuan untuk membuka pengaturan yang menghubungkan ke Internet, alasannya yakni banyak peraturan di Registry tersebut tidak terbaca yang membuat komputer anda lambat dalam mengakses dan memproses halaman web yang anda kunjungi. Solusi nya anda harus menggunakan Tools ibarat Disk clean up , Disk Defragment , menghapus sampah dengan menekan %temp% pada pencarian perintah, atau anda mampu mendownload aplikasi pembersih ibarat CCleaner ataupun Advance System Care yang sangat ampun untuk membersihkan sampat dan memperbaiki registry yang rusak


Baca juga :


5. Mengubah setting DNS pada Komputer

Merubah DNS server juga sangat membantu dalam mengatasai internet yang lambat dan lemot


DNS atau mampu disebut Domain Name System ternyata sangat besar lengan berkuasa terhadap koneksi Internet. Fungsinya untuk melaksanakan pencarian nama di komputer yang menggunakan akomodasi TCP / IP atau Transmission Control Protocol atau Internet Protocol.

Anda sebagai pemakai internet sejati harus mengetahui sedikit perihal DNS ini, mengganti konfigurasi DNS menjadi open DNS dan mampu menggunakan DNS Google cara ini lumayan ampuh untuk meningkatkan kelancaran koneksi dari sebelumnya menjadi 20 persen lebih cepat.

Untuk penggunaan Open DNS, anda mampu menggunakan langkah - langkah dibawah ini :
Buka dulu Control panel pada komputer atau laptop
kemudian Pilih Network atau Internet  => Network and Sharing Center => Local Area Connection
Pilih Properties lalu => Internet Protocol Ver.4 > Properties
Lalu Ubahlah DNS => Preferred DNS : 208.67.222.222 > Alternate 208.67.220.220
Terakhir Klik OK !

Jika anda ingin menggunakan DNS eksklusif dari Google, lihat caranya dibawah ini :
 Buka dulu Control panel  pada komputer atau laptop
 Pilih Network atau Internet  => Network and Sharing Center => Local Area Connection
 Pilih Properties lalu => Internet Protocol Ver.4 > Properties
Preferred DNS Server : 8.8.8.8 => Alternate DNS Server : 8.8.4.4
Simpan

6. Mengaktifkan DNS Cache

Mengaktifkan DNS Cache hampir sama bergunanya ibarat pada langkah diatas, namun dalam mengaktifkannya sedikit berbeda, Lihat Langkah - Langkahnya :

  • Buka Notepad atau pencatat lainnya 
  • Copy isyarat dibawah ini dan Paste kan ke dalam Notepad
  • jangan Lupa simpan dengan nama dnscache.reg
  • Setelah anda simpan, anda mampu mengaktifkan DNS tersebut dengan membukanya 
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]  "CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001  "CacheHashTableSize"=dword:00000180  "MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00  "MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d

 7. Memilih Provider yang Stabil koneksinya

Pilihlah ISP (Internet Service Provider) dengan pelayanan yang berkualitas, pilihlah dari sumber yang terpercaya, jangan mudah tergiur dengan promosi super murah, mungkin saja hanya angan - angan saja di balik iklan koneksi mudah dan cepat, ternyata semua itu hanyalah tipuan semata. Anda mampu memilih walaupun dengan harga yang relatif mahal tetapi tetap dengan sumber yg terpercaya, tentunya harga akan sebanding dengan pelayanan yang diberikan.

8. Gunakan Modem dengan Spesifikasi yang memadai

Modem ini jenis modem usb yang lancung mampu di colok ke laptop dan perangkat lain yang mendukung dan membantu mengatasi internet lambat dan lemot
Modulator Demolator atau biasa disebut dengan Modem ialah sebuah perangkat eletronik yang mampu digunakan sebagai pemancar untuk menangkp sinyal untuk berkoneksi dengan Internet. Modem sekarang tidak sama dengan modem dengan keluaran dahulu, pilihlah spesifikasi yang memadai dan harga pun terjangkau.

Pilihlah Modem yang memiliki kecepatan yang cukup besar tergantung harapan anda, setidaknya pilih yang kapasitas koneksi 256 kilobyte, itu sudah cukup untuk mendapatkan koneksi yang lumayan.

9. Menggunakan perangkat yang memiliki spesifikasi di atas standar

Spesifikasi perangkat yang cantik dapat meningkatkan kinerja koneksi internet

Perangkat yang digunakan untuk mengakses internet juga besar lengan berkuasa untuk mendapatkan koneksi yang tidak lemot, jikalau perangkat ibarat Smartphone, PC, Laptop, Tablet memiliki spek yang rendah ibarat Ram, hardisk, Processor yang rendah, tentu akan sangat besar lengan berkuasa dengan melambatnya pemasukan data pada ketika perangkat anda berselancar di Internet.

Demikianlah artikel mengenai cara menghindari dan mempercepat internet lambat dan lemot, semoga bermamfaat untuk anda yang ingin memahami dan mencari tips untuk mempercepat koneksi internet anda sehingga dapat membantu anda dalam memudahkan pekerjaan dan kegiatan lainnya, sahabat - sahabat mampu melihat video dibawah ini untuk berguru bagaimana cara mensetting DNS yang baik untuk mempercepat internet lambat dan lemot, Terimakasih




Previous
Next Post »