Apa Yang kau Ketahui Tentang SOFTWARE ENGINEER

 - Pernahkah anda mendengar mengenai Software Engineer? apa tujuannya mengenal seseorang yang memahami bidang ini, dan kelebihan apa yang dimiliki seseorang yang bekerja  serta berprofesi di bidang yang sangat bermamfaat bagi orang ini. Tentunya akan saya jelaskan pada topik ini biar anda lebih memahami bagaimana tujuan mereka dalam memberi fasilitas bagi orang yang hidup dizaman yang serba canggih menyerupai ini.

Orang yang mempunyai profesi sebagai software engineer adalah orang yang selalu menggunakan metode rekayasa perangkat lunak dalam mendesain, pengembangan, yang berdasarkan pada pengujian dan penelitian sehingga akan menerima sebuah aplikasi dan data yang konkret. Banyak orang yang menganggap bahwa seorang sofrware engineer ialah sama dengan seorang programmer. Memang keduanya memiliki banyak kesamaan namun ada perbedaan mencolok pada kedua profesi yang saling bekerjasama antara satu sama lain.


Tujuan menjadi seorang software engineering untuk menerapkan metode untuk mengoptimalkan software, sehingga kemampuannya bermamfaat dalam penggunaan sesuai dengan perkembangan masa ke masa. Kemampuan yang tidak dimiliki oleh bidang lainnya ialah kemampuan untuk merekomendasikan produk dan menerapkan metode untuk pengembangan dan bisa dimamfaatkan dalam sebuah proyek. Dengan penelitian dan pengumpulan data yang telah diriset sebelumnya. Metode - metode yang telah di kembangkan sebelumnya pasti memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri untuk diterapkan dalam sebuah proyek untuk itulah tugas software engineer dalam mengimplementasikan software sehingga menjadi salah satu metode yang diharapkan dalam pengembangan suatu proyek.

Perbedaan Antara Programmer dan Software Engineer

Meskipun memiliki kesamaan dalam membuat aplikasi berdasarkan dari metode yang digunakan salah satunya yaitu coding, programmer hanya diharapkan pada suatu perusahaaan yang tidak bertujuan untuk pengembangan software, sedangkan software engineer malah sebaliknya, programmer lebih bersifat fleksibel dalam ditempatkan dalam suatu perusahaan. Software engineer hanya dapat diletakkan pada perusahaan yang mempunyai proyek software development. Pada tahap metode disiplin yang diambil software engineer mempunyai tugas melakukan peran - peran programmer menyerupai coding menggunakan tools dalam membuat proyek, dan merekomendasikan dan menerapkan metode terbaik berdasarkan penelitian dan pengembangan desain.


BACA JUGA : BIAYA GOOGLE UNTUK MENJADI SEARCH ENGINE DEFAULT DI IOS APPLE

Keahlian Software Engineer

Software engineer memang melaksanakan apa yang dilakukan oleh programmer dan system analyst serta peran - peran SQA Engineer namun hanya membutuhkan kemampuan dalam jumlah yang sedikit. Dan hal pokok yang harus ada di dalam diri seorang Software Engineer ialah menyerupai menguasai SDLC berdasarkan SWEBOK yaitu perekrutan, implementasi design, konstruksi, pengujian, dan maintenance. sebagai orang yang mempunyai kemampuan mengolah sofware menguasai metodologi software development menyerupai RUP, Agile, XP, Scrum dll juga sangat diharapkan untuk dasar penyempurnaan di dalam pengembangan sebuah aplikasi.

Prosedur

Langkah - langkah dalam pembuatan sebuah proyek sebagai software engineering ialah selalu mengurutkan metode - metode disiplin yang digunakan dalam pembuatan tugas. Penyiapan dokumen sebagai materi yang diharapkan dalam pengujian, setelah itu membuat laporan dari data - data yang telah diolah dari dokumen yang telah diteliti, membuat formulir - formulir, mengontrol atau melaksanakan test pada software yang telah siap untuk digunakan untuk penyempurnaan dalam cara kerjanya, dan setelah itu mengkoordinasi jikalau ada perubahan yang terjadi pada software yang telah dilakukan riset sebelum dilihat kesiapannya.

Kebutuhan Software Engineering dalam Perusahaan dan Lapangan Pekerjaan Lainnya

Profesi ini sangat jarang dimamfaatkan orang sebagai salah satu profesi yang menguntungkan pada masa modern dan teknologi yang handal dalam melaksanakan riset terhadap proyek dalam sebuah perusahaan. Jika dilihat sejarahnya profesi ini telah ada pada masa tahun 1990, alasannya yaitu pada masa itu bidang ini belum maksimal dalam sistem kerja yang biasa dan tidak menggunakan pengembangan khusus dan hanya mengelola pada tahapan lokal dengan hanya menjurus pada algoritma saja. Pada waktu itu sofware engineer dianggap hanya bisa membantu dalam pembuatan aplikasi untuk dimamfaatkan oleh sebuah perusahaan. Namun setelah tahun tersebut banyak milyader gres yang berasal dari latar belakang profesi software engineer atau pengembang software engineer menyerupai , Bill gates CEO Microsoft corporate yang menguasai pasar software di dunia, Waren Buffet CEO Oracel software, Michael Dell CEO Dell corporate, dan masih banyak lagi yang lainnya, dan di amerika setelah angin puting-beliung krisis melanda system perekonomian negeri tersebut, warga negaranya mulai menjadi melirik peluang gres untuk bisa eksis dalam menjalankan roda perekonomian, banyak yang memulai menjadi tenaga andal dalam software engineer, kerena keahlian ini hanya sedikit kompetitornya dan nilai income yang di dapat juga cukup menjanjikan, maka tidak heran kalau sekarang di amerika tenaga andal bidang software engineer mempunyai nilai tersendiri di masyarakat amerika ini.

Demikian pembahasan Tentang Software Engineer sebagai sebuah profesi yang sangat menjanjikan pada ketika ini, seiring dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bidang ini, perusahaan berani membayar lebih untuk sebuah pembuatan aplikasi yang dilakukan oleh sofware engineer untuk memudahkan perusahaan dalam bergerak berbagi proyek yang memperlihatkan keuntungan tersendiri.
Previous
Next Post »