Tips Untuk Menjaga Keamanan Smartphone

 - Pada kurun serba canggih dan modern mirip ketika ini, Smartphone telah menjadi suatu alat yang sangat dibutuhkan untuk mencakup semua yang dibutuhkan oleh penggunanya. Kemampuan dari smartphone ini sudah semakin lengkap dengan menggabungkan antara dua perangkat yaitu komputer dan mobile yang telah memenuhi penggunanya untuk mengakses informasi dan memenuhi semua cita-cita dengan cepat dan mudah bagi orang yang sibuk dalam pekerjaannya sehari - hari.

Tips Untuk Menjaga Keamanan Smartphone

Seiring dengan mudah saluran ke layanan yang dibutuhkan melalui internet, keamanan terhadap suatu smartphone dapat terganggu kapan saja dan dimana saja. Untuk itu  akan memperlihatkan tips untuk menjaga keamanan smarphone untuk bisa mencegahnya dengan beberapa cara yang saya dapat dari guru teknologi kita yaitu google, berikut tipsnya :

1. Mengunci layar smarphone


Jika diibaratkan smartphone yang tidak terkunci layarnya mirip halnya rumah anda dengan pintu yang terbuka. Kamu mungkin tidak ingin hal ini terjadi bukan?, alasannya yaitu bila pintu rumah kita terbuka siapa saja dapat masuk dengan mudah dan berbuat sesuai cita-cita orang tersebut.

Begitu juga bila smartphone kesayangan kita tidak terlindungi dengan layar yang terkunci, bila dipegang oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka bisa saja orang tersebut bisa mencuri informasi penting termasuk juga mengenai privasi anda.

Itulah yang langkah pertama yang paling penting untuk menjaga keamanan smartphone. Caranya dapat dilakukan sesuai dengan sistem operasi yang tertanam di dalam smartphone tersebut, anda bisa membuat password berupda kode, pola, dan lainnya biar membuat smartphone tetap aman.

2. Hati - hati dalam memilih aplikasi untuk di download

Memang banyak aplikasi - aplikasi menarik bertebaran di internet, banyak yang gratis alasannya yaitu itulah yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Ada juga aplikasi premium yang diharuskan membayar setiap anda mendownload aplikasi tersebut. Namun anda perlu berhati - hati sebelum anda mencoba mendownloadnya.

"Untuk apa kita berhati - hati ?" karena banyak aplikasi yang didalamnya terdapat malware. Malware ialah suatu aktivitas yang berfungsi untuk mencari kelemahan suatu software. Tujuannya untuk merusak dan membobol sistem operasi yang tertera pada smarphone kita.

Banyak juga aktivitas berbahaya mirip adware sejenis iklan yang dapat membuat perangkat kita mendownload aktivitas tanpa sepengetahuan pemilik ataupun penggunanya sampai alhasil dapat melemahkan dan membuat smarphone lambat dan tak berdaya. Dan begitupula aktivitas lain yang berbahaya mirip spyware dan lainnya.

Untuk itu kita perlu memahami perihal persyaratan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh penyedia aplikasi tersebut. Sebaiknya yang anda lakukan yaitu mendownload di Google PlayStore yang terjamin keamanannya.

3. Berhati - hati dalam menggunakan Wifi

Sistem jaringan Wifi yang terbuka dan saling menghubungkan antar satu perangkat dengan perangkat yang lain sering dimamfaatkan untuk penyalahgunaan untuk mencuri data perihal informasi pribadi. Untuk itu anda harus berhati - hati atau lebih baik tidak melakukannya mirip memasukkan Username dan password, melaksanakan transaksi banking, dan membuka situs yang berisi informasi diam-diam perihal privasi lainnya.

4. Awasi dan beri bimbingan terhadap anak dalam menggunakan smartphone

Mungkin anak anda atau saudara lainnya yang masih di belum dewasa membutuhkan arahan dan pemahaman dari anda dalam menggunakan smartphone sebelum mereka layak untuk menggenggam perangkat itu sendiri. Misalnya anak - anak perlu di beri pengetahuan perihal situs apa saja yang layak untuk mereka kunjungi dan diakses, informasi apa saja yang layak untuk dibagikan kepada orang lain melalui internet, dan tujuan untuk memiliki password dengan baik.

Semua yang dilakukan bertujuan untuk mengingatkan mereka biar tidak sembarangan dalam memberi informasi terhadap orang lain. Seperti memberi informasi untuk orang yang tidak dikenal dalam berkomunikasi di internet.

Jangan lupa juag untuk mengingatkan anak untuk memberitahukan apabila ada pesan atau arahan lainnya dari internet yang meminta informasi pribadi, dan berhati - hati terhadap aktivitas yang menurut anda terllihat membahayakan.

5. Mengaktifkan Android Device Manager

Tips yang terakhir ini sangat berkhasiat untuk suatu ketika anda kehilangan smartphone kesayangan anda. Karena langkah ini sangat berkhasiat untuk melacak letak ponsel sebuah peta. Selanjutnya anda dapat menyembunyikan, mengunci, melaksanakan panggilan, dan menghapus informasi berupa file, video ataupun lainnya mengenai privasi perihal anda yang tidak ingin diketahui orang lain.
Previous
Next Post »