Insiden Panas dan Kontroversial Yang Pernah Terjadi Di Derby Manchester

Premier League dan termasuk salah satu yang terbaik di antara derby - derby panas lainnya ibarat Derby London, dan Derby Mercyside. Derby Manchester merupakan rivalitas klub sekota yang sering baku hantam di Liga Inggris antara Manchester United dan juga Manchester City.


Sejarah Derby Manchester

Jika melihat perseteruan tempo jauh hari sebelumnya, rivalitas antara Manchester United dengan Manchester City sudah terjadi pada masa sebelum perang dunia kedua lebih jelasnya pada tahun 1881. The Red Devils pada dikala itu belum memakai nama Manchester United sebagai nama klub, melainkan memakai nama Newton Heath dan begitu juga dengan The Citizen yang masih memakai nama West Gorton sebagai nama klub pada masa itu.

Sejarah kian berlalu seiring MU sudah berevolusi menjadi klub yang lebih besar lengan berkuasa dan mulai memiliki nama di liga inggris, persaingan dengan Man City kian masbodoh di sebabkan klub berjersey biru langit tersebut sedang dalam masa progress yang buruk dan sempat terlempar dari divisi tertinggi liga inggris dan juga terhadang dengan ekonomi yang sangat tidak mendukung pada waktu itu.

Insiden Panas dan Kontroversial Yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah Derby Manchester -


Barulah pada masa tahun 80 - 90 an Man City mulai mempertahankan tajinya di liga inggris dengan mulai tumbuhnya bakat pemain muda terbaik dari perguruan binaan yang menjadi tulang punggung tim dan ada juga yang menjadi pemain bintang,

Namun masa tersebut Man City kalah tenar dengan musuh bebuyutannya MU yang sedang memasuki periode emas dan begitu lebih banyak didominasi dalam daftar juara liga inggris bersama dengan Liverpool dan di ikuti Arsenal.

BACA JUGA : Perbandingan Prestasi dan Gelar Antara Ronaldo dengan Messi

Persaingan Man City dengan MU kembali hidup dikala Syekh Mansour mengambil alih klub dengan mendatang pemain - pemain kelas dunia sehingga menjadi tim yang bertabur bintang dan siap untuk merebut tahta mahkota Liga Inggris. Dan pada tahun tahun 2010 mereka mengalahkan MU dengan selisih gol di puncak klasemen dan mengukuhkan diri sebagai kampiun Premier League.

Banyak sekali duel - duel seru yang terjadi dari masa ke masa, namun berikut saya rangkum mengenai Insiden Panas dan Kontroversial Yang Pernah Terjadi Di Derby Manchester


1. Dendam Keane Berujung Tekel Horor

Insiden Panas dan Kontroversial Yang Pernah Terjadi Di Derby Manchester
Roy Keane (Belakang) menendang lulut Halland (depan) dengan sengaja yang menjadikan lulut Halland Terkena ACL di derby Manchester

Pada tahun 1998 Roy Keane Terkena cedera ACL dikala menghadang laju Halland yang waktu itu masih membela Leeds United dikala melawan MU, yang jadinya membuat keane harus menepi dalam waktu yang cukup lama. 3 Tahun berselang tepatnya pada tahun 2001 Keane yang ternyata masih menyimpan dendam dalam waktu yang lama meluapkan dengan berniat membalasnya kembali terhadap apa yang beliau derita pada tahun 3 sebelumnya.

Pada dikala Derby Manchester United vs Manchester City tahun 2001 Keane menunggu kesempatan dan jadinya dengan sengaja mengambil lutut Halland (lihat gambar) yang menjadikan Halland terkena cedera lutut dan harus berkutat dengan cedera hingga selesai musim.

Keane yang memberi pernyataan bahwa beliau tidak menyesal atas tindakan yang beliau lakukan terhadap Halland, namun bekerjsama keane tidak bermaksud untuk mematahkan kakinya, namun hanya ingin menyakitinya saja. Begitu ujar keane yang waktu itu menjadi headline di media.

2. Tekel Brutal George Best

Insiden Panas dan Kontroversial Yang Pernah Terjadi Di Derby Manchester
George Best (kiri)


Laga Man City vs MU selalu panas dan kontroversial di tiap dekadenya, lain pada Roy Keane di tahun 90 an, lain lagi pada masa 70 an. Saat George Best sang legenda Setan Merah melancarkan tekel brutalnya terhadap Pardoe yang bermain sebagai Bek yang menjadikan dirinya hampir kehilangan kakinya dikarenakan cedera yang begitu parah dideritanya.

3. Penolakan terhadap kartu merah

Insiden Panas dan Kontroversial Yang Pernah Terjadi Di Derby Manchester


Di ekspresi dominan 1973 - 1974 di adu derby juga terjadi insiden kontroversial dimana 2 pemain dari kedua tim menerima kartu merah dari wasit pengadil lapangan, mereka adalah Mike Doyle dan Lou Macari. Uniknya adalah dikala wasit sudah memberi kartu merah tanda pemain harus keluar lapangan. Dua pemain dari masing - masing ini kompak memprotes dan tidak ingin keluar lapangan meskipun wasit sudah mengusirnya, dan wasit mengambil langkah terakhir yaitu menghentikan adu dan menyuruh seluruh pemain dari kedua tim semoga masuk ke ruang ganti, dan mereka gres mampu melanjutkan pertandingan apabila Mike dan Lou yang tadi sudah keluar dari lapangan pertandingan.

4. Selebrasi Carlos Tevez yang menuai ejekan 

Insiden Panas dan Kontroversial Yang Pernah Terjadi Di Derby Manchester


Setelah dirinya merasa tidak dihargai di Manchester United, Tevez memutuskan untuk bergabung ke rival seberang Manchester City. Hal ini membuat dirinya dibenci dan di caci oleh fans setan merah. Selebrasi yang dilakukan tevez pada gol yang dicetaknya di piala carling dan memberi sindiran dan usikan terhadap kubu MU yang ditanggapi kalem oleh Sir Alex Ferguson. Namun tidak dengan Gary Neville yang memarahinya namun Tevez dengan hening menunjukkan arahan membisu untuk membalas Gary Neville.

5. Lagi - lagi Tevez


Insiden Panas dan Kontroversial Yang Pernah Terjadi Di Derby Manchester


Di tahun berikutnya menjadi punggawa Man City Carlos Tevez kembali berulah, kalau sebelumnya beliau melaksanakan selebrasi golnya dengan mengejek fans dan seluruh tim MU, berikutnya beliau menyerang pelatih MU Furguson dengan membawa poster yang bertuliskan "R.I.P Ferguson" .

Poster tersebut dibentangkannya setelah memastikan gelar juara liga inggris dikala mengalahkan QPR dengan skor tipis sekaligus mempecundangi MU dengan unggul selisih gol di papan klasemen selesai Liga Inggris.

Ternyata poster tersebut berawal dari seorang fans Man City yang memberikannya kepada Tevez sebagai bentuk balasang atas ucapan Ferguson yang mengatakan Man City tidak akan menjadi klub yang lebih besar ketimbang MU.

Demikian ulasan mengenai Insiden Panas dan Kontroversial Yang Pernah Terjadi Di Derby Manchester , semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda mengenai sejarah derby manchester, hasil derby manchester dan menjadi aksesori gosip panas wacana derby sekota ini.

Jangan lupa beritahu sahabat - sahabat di sosial media dengan menekan tombol share ! Terimakasih :)

BACA JUGA : Tahukah anda apa saja peraturan terbaru liga inggris tahun 2016 - 2017 ?

Previous
Next Post »