Pernahkah Anda Mendengar Puasa Sampai 21 Jam ? Inilah Perbandingan Waktunya

- Puasa ialah sebuah episode dari rukun Islam yang harus dilaksanakan umat muslim di manapun ia berada. Suatu amalan yang hanya dilakukan pada bulan ramadhan dalam setahun sekali yang bertujuan untuk memperbanyak ibadah dan senantiasa mendekatkan diri kepada Yang Mahakuasa SWT. Proses menahan hawa nafsu dan segala hal yang dapat membatalkan puasa ini dilakukan dari waktu terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari atau sudah hingga pada waktu maghrib.

Perbandingan waktu puasa di belahan dunia lain -
Ilustrasi orang yang sedang berpuasa

Namun yang perlu anda ketahui, lama waktu siang dan malam pada belahan dunia berbeda - beda. Dan itu juga kuat pada lamanya waktu berpuasa. Jika kita melihat negara kita sendiri Indonesia yang berada pada garis khatulistiwa, waktu berpuasa kita hanyalah sekitar +/- 13 jam. Karena imsak dimulai pada pukul 05.00 subuh dan waktu maghrib ataupun berbuka pada pukul 06.00 atau pukul 07.00, itu alasannya yaitu negara kita terjadi pembagian WIB, WITA, dan WIT.

Jika kita pergi ke wilayah Eropa ibarat Skandinavia, perbandingan waktu berpuasa sangat terpaut jauh dengan negara kita, mereka yang berada di wilayah tersebut harus berpuasa hingga dengan 21 jam lamanya. Penyebabnya ialah alasannya yaitu perputaran bumi sewaktu mengelilingi matahari bersifat miring. Jika di Indonesia yang berada di garis khatulistiwa lebih lebih dikarenakan referensi perjalanan matahari berbentuk lurus.

Pada waktu tertentu, episode utara belahan bumi pada periode Maret hingga September akan mencicipi sinar matahari yang lebih lama dari belahan bumi episode selatan. Yang jadi pertanyaannya ialah apakah mereka sanggup melaksanakan puasa selama 21 jam? jawabannya ada juga yang sanggup melakukannya, ada juga yang mengambil waktu berpuasa ibarat negara Arab. Karena ulama Arab memperbolehkan bagi mereka untuk mengambil durasi berpuasa ibarat di negara turki ataupun Arab Saudi.



Perbandingan Negara dengan Waktu Terlama Berpuasa Di Dunia


1. Negara Bagian Skandinavia Merasakan Waktu Berpuasa Terlama Yaitu 21 Jam

Negara di wilayah Skandinavia merupakan negara yg merasakan waktu puasa terlama 21 jam


Negara yang termasuk ke dalam wilayah Skandinavia ialah Swedia, Norwegia, Finlandia, Islandia, dan Sebagian Denmark. Jika mereka sedang berada pada demam isu panas. Maka matahari akan terbit hingga dengan 21 jam di wilayah tersebut.

2. Rusia Yang Memiliki Waktu Berpuasa 19 jam

Rusia juga termasuk negara yang wilayahnya berada di belahan bumi utara dan tidak begitu jauh dengan kutub utara. Orang rusia akan mulai berpuasa pada waktu imsak (03.15) dini hari dan sudah mampu berbuka pada pukul 21.37. Jika dihitung durasi berpuasa mencapai +/_ 19 jam.

3. Inggris memiliki durasi berpuasa sekitar 17 Jam 45 Menit

Inggris yang berada di wilayah britania raya bersama dengan Wales, Skotlandia, dan Irlandia pada tahun ini akan mencicipi waktu yang sedikit lebih pendek dari rusia dengan durasi +/- 17 jam. 

4. Amerika Serikat memiliki waktu puasa 16 jam

Sebagai negara adikuasa yang wilayahnya terletak di episode utara benua amerika bersamaan dengan kanada ternyata memiliki durasi agak sedikit cepat dari negara - negara di episode Eropa episode utara. Namun waktu berpuasa dinegara tersebut masih lebih lama dibandingkan dengan indonesia yang mencapai +/- 16 jam.

5. Jepang berpuasa sekitar 15 jam 37 menit

Di wilayah timur Asia ibarat negara yang memiliki bunga sakura tersebut membuat muslim di sana menerima ujian yang cukup berat. Bagaimana tidak jikalau mereka akan bertahan tanpa makan dan minum selama lebih kurang 15 jam. Selain itu mereka juga kerepotan dalam mencari menu berbuka. Karena di jepang makanan halal agak sukar untuk ditemukan.

Negara yang telah kita bahas di atas merupakan negara yang memiliki waktu puasa terlama di dunia. Akan tetapi bumi juga memiliki sisi yang berlainan. Disaat suatu wilayah sedang berada pada waktu malam, belahan bumi lainnya sedang mencicipi waktu siang yang terik. Begitu juga dengan durasi puasa yang telah kita ulas dari tadi. Ada juga negara yang memiliki waktu puasa tersingkat di dunia, berikut informasinya.

BACA JUGA

Perbandingan Negara dengan Waktu Berpuasa Tersingkat Di Dunia


1. Chili memiliki waktu puasa hanya sekitar 9 jam

Negara ini merupakan salah satu negara yang daerah nya terletak di episode paling selatan di belahan bumi. Pantas saja jikalau waktu yang mereka meliki untuk berpuasa lebih singkat, mereka mulai makan sahur dan sudah imsak pada pukul 05.30 pagi, dan menunggu hingga kesudahannya berbuka pada pukul 15.00 sore waktu setempat. Jadi, jarak waktu tersebut hanyalah 9 jam 37 menit.

Meskipun jikalau dilihat sepertinya mudah untuk menjalankan puasa dengan waktu yang singkat, namun ternyata suhu udara juga mampu menjadi rintangan bagi mereka. Saat demam isu cuek ataupun pada waktu udara yang kering dan kemarau. 

2. Argentina dengan waktu berpuasa selama 9 jam

Negara yang terletak di episode Amerika Latin atau Benua Amerika episode selatan juga memiliki waktu yang dengan Chile bagi muslim yang ingin berpuasa. Negara yang banyak memiliki keturunan dari bangsa yahudi dan Arab sangat ramah terhadap penduduk Muslim yang berada di sana walaupun masih tergolong minoritas.

3. Kepulauan Komoro berpuasa selama 12 jam

Kepulauan komoro yang kawasannya terletak di episode jazirah Arab yang memiliki durasi berpuasa sekitar 13 jam 31 menit. Waktu ini sudah hampir sama dengan di negara Indonesia yang memiliki penduduk dominan muslim. Kepulauan Komoro ini tergolong negara gres dengan iklim udara yang sangat kering pada dikala Bulan Ramadhan. Namun itu tidak menyurutkan muslim di sana untuk menunaikan perintah Yang Mahakuasa SWT.

4. Arab Saudi dengan waktu puasa juga sekitar 12 jam

Masjidil haram dan Masjid Nabawi merupakan termpat tersuci bagi umat musli yang berada di makkah dan madinah - Arab Saudi
 
Arab Saudi menjadi negara yang memiliki tempat tersuci bagi umat islam di Mekkah dan Madinah, dengan dominan penduduk muslim yang selalu menjadi sentra perhatian dunia. Pada tahun kemarin Arab Saudi dikabarkan memiliki suhu udara pada dikala demam isu panas sampao dengan 42 derjat Celcius. Hal ini membuat penduduk disana mulai khawatir untuk mencukupi kebutuhan air yang tidak dapat di komsumsi secara menyeluruh alasannya yaitu hanya ada di beberapa titik saja. 

Pada bulan ramadhan di tahun - tahun yang lalu, Arab Saudi menerima waktu untuk berpuasa yang cukup lama, yaitu sekitar 14 jam 40 menit. Namun pada bulan ramadhan tahun ini Arab Saudi kembali menerima waktu normal yakni sekitar 12 jam 40 menit.

Demikian Artikel mengenai perbandingan waktu puasa di seluruh belahan dunia, biar menambah pengetahuan anda dalam melihat perbedaan rotasi bumi terhadap matahari yang mengakibatkan pergeseran waktu antara siang dan malam serta waktu untuk menunaikan ibadah puasa.
Jika sobat - sobat suka dengan artikel yang saya sajikan dengan senang hati ini, silakan tekan tombol bagikan yang saya sediakan di bawah artikel. Dan berkomentarlah jikalau ada kritik dan saran yang ingin anda paparkan. Terimakasih !

Previous
Next Post »